Senin, 07 Januari 2013

ANEKA MANFAAT TURI

ANEKA MANFAAT TURI

Turi (Sesbania grandiflora) merupakan tanaman sejenis pepohonan yang berpembuluh, berbiji, berbunga, dan berkeping dua. Turi termasuk suku polong – polongan ( fabaceae ). Biji turi mengandung protein sebanyak 70%. 
Pohon turi  banyak dijumpai di pedesaan, biasanya  ditanam di pematang,  pekarangan, pinggir jalan. Pohon turi biasa digunakan  sebagai pagar hidup kebun atau sebagai pohon pelindung . Pohon turi menurut warna bunganya ada dua jenis yaitu putih dan merah. Kacang turi adalah salah satu jenis kacang-kacangan dari pohon turi yang berbentuk bulat berwarna kuning kecoklatan dan mempunyai rasa yang khas dan aroma yang khas jenis kacang-kacangan .
Belakangan ini biji turi di pergunakan sebagai bahan pengganti bahan dasar pembuatan tempe dan memberikan rasa lega khususnya para pengusaha tempe, karena mereka tidak merasa khawatir lagi dengan persediaan kedelai yang semakin sedikit. 
Pohon turi mengandung senyawa – senyawa kimia yang tersebar dari akar sampaidaunnya. seperti di dalam kulit batang turi mengandung tannin, egatin, zantoagetin, basorin,resin, calsium, oksalat, sulfur, peroksiodase, zat warna. Sedangkan pada daunnya mengandung saponin, tannin, glikoside, peroksidase, vitamin A dan vitamin B. Pada bunga turi mengandung kalsium, zat besi, zat gula, vitamin A dan B. 
Dengan kandungan senyawa kimia yang terdapat pada pohon turi tersebut, pohon turi memiliki berbagai mancam manfaat yang kita peroleh seperti ;
Kulit batang
Manfaat yang di peroleh dari kulit batang pohon turi seperti mengobati sariawan,disentri,diare,scabies,dan cacar air.
Daun
manfaat yang di peroleh dari daun pohon turi di seperti menyembuhkan keseleo, memar, hematoma, keputihan, batuk, pilek, sakit kepala, memperbanyak asi, beri – beri, demam nifas, radang tenggorokan. 
 Akar
Manfaat yang di peroleh dari daun pohon turi seperti mengobati pegal linu, reumatik ,batuk berdahak. 
Bunga
Manfaat yang di peroleh dari bunga pohon turi seperti melembutkan kulit,pencahar dan penyejuk.
Namun di desa Kopang Rembiga,Nusa tenggara Barat, pohon turi di jadikan bahan pengganti bahan bakar minyak tanah .hal itu bertujuan di harapkan masyarakat sekitar untuk tidak lagi menebang pohon tanam keras lainnya yang biasanya di pergunakan untuk bahan bakar open tembakau.
Selain itu turi yang berwarna merah merupakan salah satu tanaman obat tradisional yaitu analgetik,antipiretik,dan diuretic.selain itu turi merah bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kronis,penyakit berat ( degeratif ) dan berat seperti HIV / AIDS,jantung,kangker dan penyakit berat lainnya.hal itu di karenakan di dalam turi merah mengandung kadar antioksidan dan dan kandungan senyawa aktif.tokoferol dan betakaroten yang sangat tinggi berfungsi untuk antioksidan yang mampu meningkatkan system kekebalan tubuh dan menghancurkan asam amino yang terdapat dalam virus penyebab AIDS,HIV.
Selain itu buah turi merah berkhasiat untuk kanker dan tumor yang penyebab penyakit itu adalah ketidakteraturnya hormone dalam tubuh yang menyebabkan tumbuhnya daging di jaringan tubuh normal.dengan kandungan betakaroten dan tokoferol pula berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan system kekebalan tubuh serta mencegah pembiakan sel – sel kangker.(Welly Yusup)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar