Senin, 07 Januari 2013

Daun Katuk Disukai Ibu Menyusui

 

Daun Katuk Disukai Ibu Menyusui



Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya alamnya,hal itu pula merupakan salah satu factor penyebab para penjajah tempo dulu tertarik untuk menduduki Indonesia.tanahnya yang subur membuat segala jenis tanaman dapat tumbuh dengan mudah di atasnya.tanpa di beri pupukpun tanaman bisa tumbuh di tanah negeri tercinta ini.
Tanaman merupakan penghasil protein nabati.di dalam tanaman terdapat senyawa-senyawa kimia yang sangat berguna bagi tubuh kita.salah satu contoh jenis tanaman yang mengandung banyak manfaatnya adalah “ katuk “. Katuk  yang nama latinnya sauropus androgynus adalah salah satu tumbuhan yang banyak terdapat di Asia tenggara. Daun katuk merupakan sayuran minor yang dikenal memiliki khasiat memperlancar aliran air susu ibu (ASI).oleh karena itu tanaman ini sangat di favoritkan oleh ibu – ibu hamil dan menyusui.
Ini dibuktikan setidaknya ada sepuluh produk pelancar ASI yang mengandung daun katuk telah beredar di Indonesia sejak tahun 2000. Selain itu, konsumsi sayur katuk oleh ibu menyusui dapat memperlama waktu menyusui bayi perempuan secara nyata dan untuk bayi pria hanya meningkatkan frekuensi dan lama menyusui.
Selama ini penelitian terhadap efek samping penggunaan daun katuk sebagai pelancar ASI ini masih belum pernah dilakukan di Indonesia, sehingga belum teruji 100 persen keamanannya.
Di Amerika, daun katuk goreng, salad dan katuk, dan minuman banyak dikonsumsi oleh masyarakat sebagai obat antiobesitas (pelangsing tubuh).
Daun katuk bermanfaat bukan hanya untuk memperlancar asi saja.namun daun katuk juga bermanfaat sebagai obat borok,demam,bisul,darah kotor,mencegah osteoporosis,pembentuk jaringan ikat pada tulang,pengangkut lemak,pengangkut electron,pemacu gusi yang sehat,pengatur tingkat kolesterol,membersihkan jaringan tubuh,mengatasi ( parasit,bakteri,dan virus ) di dalam tubuh manusia,dan anti oksidan.
Ada penemuan baru mengenai daun katuk.ternyata eh ternyata,daun katuk bermanfaat untuk membangkitkan vitalitas sex serta meningkatkan kualitas dan jumlah sperma pada pria.hal itu dikarenakan di dalam daun katuk mengandung kaya senyawa fitokimia,yaitu        ;progesteron,estradiol,terstosteron,glukokortikoid,eikosanoid,prostasiklin,tromboksan,lipoksin,dan leukotrien.
Pria merasa kurang percaya diri bila dirinya terdapat kekurangan terutama di bagian yang sangat vital.oleh karena itu tak sedikit dari mereka yang mengkonsumsi obat – obatan untuk meningkatkan vitalitas sexnya tanpa melihat efek samping dari obat tersebut.pedahal banyak sekali yang kita dapatkan dari alam untuk mengatasi hal itu baik berupa jamu – jamuan,obat herbal ataupun obat tradisional seperti yang terkandung dalam daun katuk.
Namun di balik kelebihannya daun katuk juga memiliki sejumlah kekurangan/efek samping yaitu sulit tidur.selain itu efek yang di sebabkan jika kita mengkonsumsi daun katuk adalah terganggunya penyerapan kalsium dan fosfor yang di sebabkan oleh glukokortikoid dari hasil metabolism senyawa aktif daun katuk.jadi daun katuk baik di konsumsi dengan jumlah yang tidak banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar