Senin, 07 Januari 2013

MANFAAT MEDIS TEMULAWAK

MANFAAT MEDIS TEMULAWAK

Temulawak ( Curcuma xantorrhiza Roxb.  ) merupakan tanaman obat berupa tumbuhan rumput berbatang. Temulawak adalah  salah satu tumbuhan yang berasal dari Indonesia terutama di daerah jawa yang menyebar ke berbagai wilayah.namun sekarang ini temulawak bisa kita temukan di Malaysia, Thailand, Filipina, Cina, Jepang, Korea, Amerika Serikat  dan beberapa NegaraEeropa. 
Temulawak biasa di gunakan sebagai bahan dasar jamu dan obat – obatan tradisional yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan bagi manusia. Di Jawa Tengah temulawak di jadikan ramuan untuk penambah nafsu makan, sehingga sering di berikan kepada anak – anak yang susah makan.temulawak juga di percaya sebagai jamu yang bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan,menghilangkan flek hitam di wajah ,serta menjaga kelenturan tubuh.perempuan di jawa sering meminum ramuan temulawak sehabis melahirkan yang di percaya untuk mengganti sel – sel yang rusak. 
Temulawak bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan sel hati.hal itu di sebabkan karena di dalam temulawak mengandung kurkumin 1% - 2%,protein pati 29% - 30%,dan minyak astiri 6% - 10%. Kurkumin berguna untuk menjaga dan menyehatkan hati  (lever) atau hepatoprotektor.minyak astiri berguna untuk membangkitkan selera makan,membersihkan perut,dan memperlancar asi. 
Manfaat dan khasiat temulawak yang lainnya juga sangat banyak seperti mencegah hepatitis, mengatasi radang lambung, membantu pencernaan, dan gangguan ginjal. Selain itu, temulawak juga bisa mengatasi radang sendi, pegal linu, rematik, sakit pinggang, peluruh haid, keputihan, sembelit, ambeien, batuk, radang saluran nafas, asma, radang tenggorokan, radang kandung empedu dan batu empedu. 
Selain untuk menambah nafsu makan, temulawak juga dipercaya dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, menurunkan kolestrol, dan bahkan dapat membantu menyembuhkan penyakit yang cukup berat seperti hepatitis B dan mencegah terjadinya Kanker Payudara.h al ini di ungkapkan oleh guru besar farmasi Unpad,Prof.Dr.Sidik dalam konfrensi pers badan pengawas obat dan makanan tentang kampanye gerakan nasional minum temulawak yang di adakan di kota Bandung,Jawa barat.dan beliaupun mengatakan bahwa khasiat temulawak lebih banyak di bandingkan ginseng karena di dalam temulawak memiliki lebih dari 100 komponen di bandingkan ginseng.
Hepatitis B merupakan salah satu penyakit yang bisa di sembuhkan oleh temulawak.Hepatitis B adalah suatu penyakit hati yang disebabkan oleh "Virus Hepatitis B" (VHB), suatu anggota famili Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosi hati atau kanker hati.
Cara mengolah tanaman temulawak untuk bermanfaat menyembuhkan penyakit hepatitis B : pertama-tama kupas temulawak lalu cucilah sampai benar-benar bersih, lalu temulawak yang sudah dikupas dipotong tipis-tipis, setelah itu jemur dibawah terik matahari hingga kering, setelah kering rebuslah temulawak hingga mendidih dan berilah gula secukupnya agar rasanya tidak terlalu pahit, dam setelah mendidih segera tiriskan lalu saring untuk diambil airnya.Minumlah secara teratur untuk mendapatkan manfaat temulawaktersebut.kemudian minum secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar